Penyelenggaraan Program Pelatihan Pengelolaan Limbah B3 dan Non B3

Jakarta – Pertamina Corporate University (PCU) bersama dengan Fungsi Kerja Sama Universitas Pertamina dan Program Studi Teknik Lingkungan menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Non B3 kepada karyawan PT Pertamina dari berbagai unit dari seluruh Indonesia selama 3 hari pada tanggal 14 hingga 16 Agustus 2017. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkenalkan para karyawan PT Pertamina terhadap jenis-jenis, regulasi yang berlaku, serta cara pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non B3.

Hari pertama kegiatan pelatihan ini diisi oleh para dosen dari Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina seperti Dr.Eng. Ari Rahman S.T., M.Eng., Betanti Ridhosari, S.T., M.T., Evi Siti Sofiyah, Ph.D., Dr.Eng. Mega Mutiara Sari, S.T., M.Si., dan Peter Sumardi, Ph.D selaku Staf Ahli Rektor Universitas Pertamina. Acara dimulai dengan pre-test kepada peserta pelatihan untuk mengukur pemahaman para peserta sebelum pelatihan dilaksanakan.  Adapun topik pelatihan di hari pertama meliputi pengenalan terhadap Solid Waste-Non Toxic and Non Hazardous Waste atau limbah padat non B3, regulasi terhadap pengelolaan Limbah Padat Non B3 di Indonesia, metode treatment limbah padat non B3 (source reduction, sorting, landfill, composting, recycling, waste to energy), serta pengenalan limbah padat B3.

Kegiatan dilanjutkan pada hari kedua bersama praktisi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan pembahasan terkait pengenalan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) khususnya untuk aspek pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non B3. Kemudian dilanjutkan oleh praktisi dari PT Wastec International dengan topik treatment pengolahan limbah B3 dengan metode incinerator. Setelah itu praktisi dari PT Pertamina yang menjelaskan seputar studi kasus penanganan Limbah B3 dan Limbah  Non B3 di PT Pertamina untuk meraih kebijakan PROPER. Lalu untuk pembicara terakhir yaitu Ir. Sugiharto, MBA. selaku Sekretaris Universitas Pertamina membawakan pokok bahasan Proper Verification Beyond Compliance Reports. Kegiatan hari kedua ditutup dengan post test untuk menguji pengetahuan peserta setelah mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan selama 2 hari.

Hari terakhir para peserta pelatihan diajak untuk melakukan kunjungan lapangan ke PT Wastec International untuk melihat bagaimana pengolahan Limbah B3 dengan menggunakan metode incinerator. Melalui penyelenggaraan pelatihan ini, para pekerja PT Pertamina diharapkan dapat menambah wawasannya mengenai pengelolaan Limbah B3 dan Non B3 demi meningkatnya kualitas SDM PT Pertamina, khususnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. (VSA)