Photocatalystic Hydrogen Generation and Water Treatment from Biomass-Derived Feedstocks by Using CdS Nanoparicles

Salah satu penelitian tentang pemanfaatan energi terbarukan dari Universitas Pertamina (UP) adalah pemanfaatan energi foton. Energi foton merupakan energi yang berasal dari cahaya/sinar matahari.

Penelitian yang tengah dilakukan ini  bertujuan untuk degradasi senyawa polutan dan produksi hidrogen. Tim penelitian ini diketuai oleh Laksmi Dewi, S.T, MS yang merupakan Dosen Program Studi Teknik Kimia Universitas Pertamina.

“Penelitian ini berawal dari penawaran Universiti Teknik Petronas (UTP) untuk melakukan kolaborasi riset dengan dosen UP tentang fotokatalis menggunakan nanopartikel. Di UP penelitian dilakukan menggunakan partikel CdS (Cadmium Sulfide) sedangkan di UTP menggunakan nanopartikel CdZnS (Zink Sulfide” tutur Laksmi Dewi.

Aplikasi fotokatalis dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dapat digunakan pada cat. Aplikasi fotokatalis dapat memperlambat pudarnya cat pada tembok, karena energi foton dari sinar matahari dapat melapisi fotokatalis yang ditaruh dalam cat sehingga cat tidak mudah memudar. Contoh lain dari aplikasi ini yaitu pada pembentukan hidrogen. Pada biomassa atau senyawa organik lainnya fotokatalis dapat digunakan untuk memutus rantai karbon dengan lebih cepat.

Harapannya, hasil dari penelitian ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dan pada akhirnya dapat meningkatkan eksistensi Universitas Pertamina dalam dunia riset. (YN/BR)