Universitas Pertamina bersama Kementerian Pemuda dan Olah Raga Mendukung Calon Entrepreneur Muda

(Penandatangan perjanjian kerjasama. Kiri: Direktur Kemitraan dan Kewirausahaan Universitas Petamina, Suhari Pranyoto, MM., CMA. Kanan: Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, Drs. Imam Gunawan, MAP.)

Jakarta- “Kewirausahaan Pemuda 2019” merupakan program dari Kemennterian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) yang bertujuan  untuk mewujudkan wirausahawan muda demi menopang kemandirian bangsa. Kemenpora menjalin kerjasama dengan 22 universitas di Indonesia karena universitas dianggap menjadi centre of excellent, yaitu kalangan anak muda yang memiliki dedikasi, kreativitas, dan inovasi untuk menggali potensi di bidang kewirausahaan. Universitas Pertamina menjadi salah satu perguruan tinggi yang dipercaya oleh Kemenpora untuk menjalankan kerjasama ini karena UP memiliki respon yang cepat dan baik terhadap program tersebut, serta memiliki daya dukung berupa kelembagaan maupun fasilitas lain yang berfokus untuk menjadikan mahasiswanya menjadi SarjanaPLUS dalam bidang kewirausahaan khususnya menumbuhkan skill yang mendorong tumbuh suburnya wirausaha-wirausaha muda.

Talkshow yang bertajuk “Kewirausahaan Pemuda 2019” telah diselenggarakan di Auditorium Universitas Pertamina pada 1 Agustus 2019. Talkshow ini  dibuka dengan sambutan Prof. Akhmaloka selaku Rektor Universitas Pertamina (UP) yang memaparkan pentingnya jiwa kewirausahaan dalam diri mahasiswa. Pada talkshow ini Asrorun Ni’am Sholeh selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga menyampaikan bahwa kunci menjadi wirausahawan yaitu inovatif, kreatif, serta dapat beradaptasi terhadap perubahan atau perkembangan yang ada.

Acara talkshow dengan tema “Entrepreneurial Mindset dan Motivasi Kewirausahaan” ini diisi oleh narasumber-narasumber yang ahli dalam bidang wirausaha dari segmen yang berbeda mulai dari investor sampai pelaku wirausaha sukses. Dr. Indra Cahya Uno, Co-Founder OKE OCE, sebagai salah satu narasumber talkshow menuturkan bahwa berdasarkan kajian World Bank pada Februari 2019, 5% masyarakat Indonesia pada usia produktif merupakan pengangguran dan salah satu solusi yang paling tepat untuk mengurangi angka pengangguran tersebut adalah membuka lapangan pekerjaan melalui wirausahawirausaha.

Dr. Eddi Danusaputro selaku Chief Executive Officer (CEO) Mandiri Capital Indonesia, juga menambahkan bagaimana investor mempercayakan uangnya kepada wirausahawan. “Kita sebagai investor melihat kematangan dan ketahanan wirausaha yang akan dibentuk tanpa melihat return yang akan didapat,” ujar Eddi.

Acara ini dilanjutkan dengan kisah sukses Sonny Arca Adryanto dalam membangun startup di bidang kuliner yaitu Martabak Orins. Bermula dari kebutuhannya dalam menyeimbangkan pengeluaran, Sonny membuka bisnis martabak pizza ini sebagai soulusi untuk menambah pemasukan. Beliau lebih memilih membangun startup di bidang kuliner dibanding teknologi. Ide ini berangkat dari  kebutuhan manusia yaitu sandang, pangan, dan papan untuk memenuhi dan menjawab kebutuhan serta permasalahan masyarakat. “Kembali lagi ide harus berangkat dari sebuah permasalahan pribadi maupun khalayak banyak,” tambah Sonny.

Tak hanya sampai di situ, talk show ini merupakan tahap pertama dari seleksi calon wirausahawan muda yang akan difasilitasi oleh Kemenpora berupa modal usaha. Universitas Pertamina akan menyeleksi 15 mahasiswa yang akan lolos untuk mengikuti kuliah umumtahap kedua, ini lah yang akan menjadi embrio dari wirausahawan- wirausahawan yangpelakunya adalah pemuda.

Antusiasme mahasiswa sangatlah tinggi, terlihat dari banyaknya pertanyaan serta peran aktif mahasiswa ketika berinteraksi dengan narasumber saat acara sedang berlangsung. “Dengan diadakan kuliah umum dan kerjasama ini, diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan dengan baik untuk memulai menjadi wirausaha yang dedikatif, inovatif, dan kreatif, juga bisa bermanfaat untuk menghadirkan lapangan pekerjaan di masyarakat sekitar,” ujar Budi W. Soetjipto, Ph.D. selaku Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kejasama Universitas Pertamina. (ATE/YN)