Upstream-Introduction to Petroleum Engineering: Mengenalkan Teknik Perminyakan kepada Siswa SMA di Jakarta melalui Seminar dan Kompetisi Oil Rig Design

Kegiatan UPSTREAM 2017 dengan tema “Introduction to Petroleum Engineering” telah di pada hari Selasa, 13 Juni 2017. Tema ini terinspirasi dari kegiatan yang telah diadakan oleh Universiti Teknologi Petronas (UTP) dalam memberikan sosialisasi ke masyarakat sekitar tentang potensi minyak dan gas (migas) di lingkungannya. Rangkaian kegiatan UPSTREAM 2017 terdiri dari Interactive Talkshow dan Petro Smart Competition.

Interactive Talkshow

Kegiatan ini diadakan di Universitas Pertamina yang dihadiri oleh 100 siswa dari 9 SMA perwakilan se-Jabodetabek. “Kegiatan ini sebenarnya ditujukan untuk masyarakat sekitar yang diwakili anak SMA dengan tujuan untuk mengenalkan masyarakat tentang potensi minyak dan gas di lingkungan, serta untuk memberikan edukasi bahwa potensi migas tidak hanya bersumber pada fosil dan batuan, bisa dari bawah laut, dan beberapa sumber yang lain” kata Ibu Weny Astuti, M.T. selaku penanggungjawab kegiatan UPSTREAM 2017 yang  juga merupakan Dosen Teknik Perminyakan Universitas Pertamina.

Pada interactive talkshow, sesi pertama diisi dengan pengenalan Petroleum Engineering yang diisi oleh pembicara dari Dosen Teknik Perminyakan Universitas Pertamina yaitu Raka Sudira Wardana M.T dan Ajeng Purna Putri Oktaviani, M.T serta dariUTP yaitu Dr. Syahrir Ridha. Kemudian sesi kedua tentang “Oil and Gas Infrastructure” diisi oleh pembicara dari UTP yaitu Dr. Dzeti Farhah Mohshim, Muhammad Luqman Hassan, dan Nabila Afzan Abdul Aziz. Moderator pada dua sesi tersebut adalah Kepala Program Studi Teknik Perminyakan (Periode 2016-2017), Bastian Andoni, M.Sc. Sesi ini tidak hanya dihadiri oleh perwakilan SMA yang mengikuti kegiatan UPSTREAM 2017 tetapi juga dihadiri oleh mahasiswa Universitas Pertamina.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan lomba beregu Petro Smart Competition (PSC) yang terdiri dari Petroquiz, Oil Rig Design, dan Fun Games. Setiap sub kegiatan PSC ini akan diberikan penilaian dan diakumulasikan untuk penentuan juara. Selain itu, terdapat juga juara individu yakni Active Student dengan tujuan menumbuhkan semangat dan kompetisi di setiap siswa-siswi SMA yang mengikuti rangakaian kegiatan ini.

Peserta sedang Mengikuti Kegiatan Oil Rig Design

Kompetisi Petroquiz merupakan trivia kuis seputar dunia perminyakan yangmaterinya sudah diberikan melalui Interactive Talkshow. Pada Oil Rig Design Competition terdapat 3 tahap, yakni tahap pertama adalah Pengenalan Offshore Rig beserta komponen-komponennya. Tahap selanjutnya adalah proses pembuatan offshore rig yang akan dirancang dan dibangun oleh tim masing-masing sekolah dengan bahan berupa lego brick yang telah disediakan panitia. Dan tahap terakhir adalah proses pengumpulan karya dan penjurian serta pemberian skor oleh dewan juri dari School of Energy dan Dosen Teknik Perminyakan Universitas Pertamina.

Kegiatan terakhir adalah Fun Games. Pada kegiatan ini terdapat dua permainan yang diberikan kepada peserta yakni “Porosity and Permeability” dan “Mix & Match Games”. Porosity and Permeability merupakan percobaan eksperimen sains yang dilakukan siswa-siswi dengan peralatan dan bahan yang telah disediakan oleh panitia, sedangkan Mix & Match Games adalah permainan mencocokkan gambar dengan pasangannya.

Peserta Sedang Bermain Mix and Match Games